PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA KONSEP EKOSISTEM SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TULAKAN, PACITAN TAHUN AJARAN 2008 / 2009

PRASETYANINGRUM, IKA ANJAR (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA KONSEP EKOSISTEM SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TULAKAN, PACITAN TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050082.pdf

Download (232kB)
[img] PDF
A420050082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)

Abstract

Proses pembelajaran pada kelas X SMA Negeri 1 Tulakan, Pacitan pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif menganggap Biologi sebagai ilmu yang penuh hafalan dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Tulakan Pacitan tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), data hasil belajar biologi siswa diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitataif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi siswa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 4,89 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,89, rata-rata siklus II meningkat menjadi 6,42 dan rata-rata pada silus III meningkat mejadi 7,61. Hal ini menunjukkan bahwa setelah siswa diberikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode SQ3R berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,14 point atau 14% . Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 20,4 (kurang berhasil) siklus II sebesar 30,08 (cukup berhasil) siklus III 40,24 (berhasil). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar biologi, siswa kelas X SMAN 1 Tulakan, Pacitan tahun ajaran 2008/2009 pada aspek kognitif sebesar 0,14 point atau 14%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran SQ3R, hasil belajar biologi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 08:28
Last Modified: 16 Nov 2010 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item View Item