PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI I JATIPURO TAHUN AJARAN 2008/2009

SETYOWATI, SITI (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI I JATIPURO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050080.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
A420050080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi pada siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) pada kelas VIIID SMP Negeri I Jatipuro. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data dari setiap akhir pertemuan yaitu berupa aspek kognitif dan afektif selama proses pembelajaran. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa VIIID SMP Negeri I Jatipuro Tahun Ajaran 2008/2009. Penggunaan kelas ini didasarkan atas permasalahan yang ada pada kelas tersebut, yaitu siswa ramai, kurang berani mengemukakan pendapat, kurang memperhatikan penjelasan guru, dan guru kurang menguasai kelas dan cenderung menggunakan metode ceramah. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dan data analisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 4,91 dan rata-rata pada siklus I turun menjadi 4,8, pada siklus II meningkat menjadi 6,04, dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 8,18. Menunjukkan setelah dilakukan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal sebesar 0,84 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIID SMP Negeri I Jatipuro Tahun Ajaran 2008/2009 sebesar 0,84 point atau 84 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI), hasil belajar biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 08:24
Last Modified: 16 Nov 2010 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item