PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TUNA NETRA KELAS VII SMPLB-A YAAT KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

HIDAYATI, DINA NUR (2009) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TUNA NETRA KELAS VII SMPLB-A YAAT KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050079.pdf

Download (42kB)
[img] PDF
A420050079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar biologi pada siswa tuna netra kelas VII SMPLB-A YAAT Klaten Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dianalisis menggunakan media alur. Media alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif meliputi: Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (kognitif), pengamatan sikap (afektif) dan gerak (psikomotor) siswa dalam proses pembelajaran biologi berlagsung dan guru mata pelajaran biologi. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siklus III lebih tinggi dari siklus II dan siklus I baik dilihat dari aspek kognitif (9 > 7,8 > 7), aspek afektif (22 > 17,6 > 14,4) dan aspek psikomotor (23,2 > 19,8 > 14,2). Hal ini berarti media tiga dimensi dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420-055
Uncontrolled Keywords: Media Tiga Dimensi, Tuna Netra, Pembelajaran Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 08:20
Last Modified: 16 Nov 2010 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item