Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Implementasi Penilaian Proyek Pada Pembelajaran Berbasis Lesson Study Di Smp Muhammadiyah 1 Kartasura

Dewi, Apriliana and , Dr. Sumardi, M.Si (2016) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Implementasi Penilaian Proyek Pada Pembelajaran Berbasis Lesson Study Di Smp Muhammadiyah 1 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (666kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB) | Request a copy

Abstract

Apriliana Dewi/ A410120242. PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI PENILAIAN PROYEK PADA PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KARTASURA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. April, 2016. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika melalui implementasi penilaian proyek pada pembelajaran berbasis Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI B SMP Muhammadiyah 1 Kartasura berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentas.Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan Source Triangulation (Triangulasi Sumber) dan Technic Triangulation (Triangulasi Teknik). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator sebagai berikut: 1) kemampuan dalam mengemukakan gagasan berfikir dari sebelum tindakan (21,43%) menjadi (53,57%) setelah tindakan, 2) keaktifan bertanya kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar dari sebelum tindakan (35,71%) menjadi (64,29%) setelah tindakan, 3) kemampuan berdiskusi dengan kelompok belajar dari sebelum tindakan (32,14%) menjadi (60,71%) setelah tindakan, 4) banyak siswa yang memiliki nilai memenuhi KKM (≥75) dari sebelum tindakan (28,57%) menjadi (57,14%). Kasimpulan penelitian ini adalah melalui implementasi penilaian proyek berbasis Lesson Studydapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IX B SMP Muhammadiyah 1 Kartasura semester genap tahun 2015/2016.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi penilaian proyek, Lesson Study, aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: APRILIANA DEWI
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:11
Last Modified: 27 Apr 2016 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/43020

Actions (login required)

View Item View Item