PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNING (CTL) DISERTAI PENGGUNAAN HAND OUT SEBAGAI PENGUATAN KONSEP MATERI POKOK EKOSISTEM PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2008/ 2009

PUSPITASARI, YULAIKA (2009) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNING (CTL) DISERTAI PENGGUNAAN HAND OUT SEBAGAI PENGUATAN KONSEP MATERI POKOK EKOSISTEM PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTATAHUN AJARAN 2008/ 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050053.pdf

Download (33kB)
[img] PDF
A420050053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Pendekatan CTL merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dengan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki deangan penerapannya dalam kehidupan mereka seahari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar biologi dengan penerapan pendekatan CTL disertai hand out dan menguatkan konsep materi pokok ekosistem melalui pendekatan CTL disertai hand out. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Data hasil belajar Biologi siswa diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, diskusi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 5,69 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,72, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,6 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 8,63. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 14,39 (kurang berminat), siklus II sebesar 18,79 (cukup berminat), dan siklus III sebesar 21,41 (berminat). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL yang disertai hand out dapat menguatkan konsep materi pokok ekosistem dan dapat meningkatkan hasil belajar biologi khususnya materi ekosistem pada siswa X.6 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Biologi, pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), hand out.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 07:22
Last Modified: 16 Nov 2010 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4292

Actions (login required)

View Item View Item