PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII D PADA POKOK BAHASAN “SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA” SMP NEGERI I JATINOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

DEWI, ANGELIA KOMARA (2009) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII D PADA POKOK BAHASAN “SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA” SMP NEGERI I JATINOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050049.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
A420050049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) pada siswa SMP Negeri 1 Jatinom kelas VIII D Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan pendekatan SAVI yang dilaksanakan dalam III siklus. Penelitian ini diawali dengan menggunakan berbagai macam strategi (mencari pasangan jawaban, bermain peran dan diskusi mengenai wacana) dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 5,19 atau meningkat sebesar 1,22 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,94; ranah afektif = 14,47 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 6,69 atau meningkat sebesar 1,5 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,85; ranah afektif = 17,44 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,97 dari siklus I)). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 7,83 atau meningkat sebesar 1,13 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,84; ranah afektif = 21,02 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 3,58 dari siklus II)). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Jatinom Tahun Pelajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan SAVI, Sistem Pernapasan Pada Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 07:10
Last Modified: 16 Nov 2010 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item