MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TPS (THINK- PAIR- SHARE) PADA SISWA KELAS VIII D SEMESTER II SMP N 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008 / 2009

HARINI, FITRIA (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TPS (THINK- PAIR- SHARE) PADA SISWA KELAS VIII D SEMESTER II SMP N 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img] PDF
A420050044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
A420050044.pdf

Download (124kB)

Abstract

TPS (Think-Pair-Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Biologi dengan pembelajaran kooperatif model TPS(Think-Pair-Share) pada siswa kelas VIII D semester II SMP N 2 Kartasura tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif (Reduksi data, Penyajian data dan penarikan simpulan). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I {ranah kognitif: 54,74 atau meningkat sebesar 12,94 dari nilai awal, standar deviasi(SD) sebesar 12,15; ranah afektif: 26,25 (termasuk kategori kurang berminat)}. Rata-rata hasil belajar pada siklus II {ranah kognitif:69,23 atau meningkat sebesar 14,49 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 8,60; ranah afektif 35,33 (termasuk kateri cukup berminat) atau meningkat sebesar 9,08 dari saiklus I }. Rata-rta hasil belajar pada siklus III {ranah kognitif pada siklus III: 82,43 atau meningkat sebesar 13,2 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 6,70; ranah afektif: 40,87 (termasuk kategori berminat atau meningkat sebesar 5,54 dari siklus II)}. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model TPS(Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII D semester II SMP 2 Kartasura tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Biologi, Pembelajaran kooperatif model TPS(Think-Pair-Share), Ranah kognitif, Ranah afektif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Oct 2009 08:32
Last Modified: 16 Nov 2010 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4280

Actions (login required)

View Item View Item