PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE INKUIRI TERPIMPIN DISERTAI PENGGUNAAN LCD PROYEKTOR SEBAGAI PENGUATAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP N 1 KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ADI, YANU CARI (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE INKUIRI TERPIMPIN DISERTAI PENGGUNAAN LCD PROYEKTOR SEBAGAI PENGUATAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP N 1 KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050035.pdf

Download (43kB)
[img] PDF
A420050035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek keterampilan proses sains dan hasil belajar yang dapat meningkat saat dilakukan pembelajaran melalui metode inkuiri terpimpin yang disertai penggunaan LCD proyektor dalam pembelajaran biologi di SMP N 1 Karangrayung kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan metode inkuiri terpimpin dan dari data yang diperoleh setiap akhir pertemuan. Analisis data keterampilan proses sains dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menghitung rata-rata dari masing-masing, yaitu 19,90 (cukup berhasil)>24,70 (berhasil)>27,60 (berhasil). Hasil analisis data afektif masing-masing siklus adalah 30,63 (cukup berminat)> 40,25 (berminat)>41,05 (berminat). Hasil analisis data psikomotor masing-masing siklus adalah 30,20 (cukup berhasil)>40,62 (berhasil)>41,33 (berhasil), sedangkan analisis data kognitif dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan peserta didik dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian sebelum dilakukan tindakan kelas sebesar 4, 85 dan setelah dilakukan tindakan kelas rata-rata pada siklus I menjadi 5,83, rata-rata siklus II menjadi 7,16 dan siklus III meningkat menjadi 8,35. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukan bahwa setelah penerapan metode inkuiri terpimpin yang disertai penggunaan LCD proyektor sebagai penguatan konsep pada pembelajaran biologi berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal peserta didik sebesar 0,47 point atau 47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri terpimpin yang disertai penggunaan LCD proyektor sebagai penguatan konsep dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas VIIE di SMP N 1 Karangrayung kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode inkuiri terpimpin, LCD proyektor, keterampilan proses sains, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Oct 2009 08:09
Last Modified: 02 May 2011 09:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4273

Actions (login required)

View Item View Item