PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU LINGKUNGAN FISIK KELAS DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2007/2008

KRISNAWATI, DESY (2008) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU LINGKUNGAN FISIK KELAS DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040092.pdf

Download (117kB)
[img] PDF
A210040092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa banyak ditentukan berbagai faktor. Kinerja guru, lingkungan fisik kelas, dan kemandirian siswa merupakan beberapa contoh variabel yang mempengaruhi baik atau buruknya prestasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru, lingkungan fisik kelas dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 270 siswa. Cara pengambilan sampel dengan cara teknik random sampling dengan undian sebanyak 152 siswa. Data diperoleh dengan cara menyebar angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan cronbach’s alpha. Uji normalitas menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan uji linieritas menggunakan uji anova, data dianalsis dengan menggunakan regresi ganda.Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tersebut, digunakan perhitungan regresi berganda dengan menggunakan alat Bantu program SPSS, dengan persamaan regresi Y = 79.419 + 0.936 X1 + 1.006 X2 + 1.208 X3 dimana koefisien korelasi untuk variabel persepsi siswa tentang kinerja guru sebesar 0,936 dengan signifikan 0,011, untuk variabel lingkungan fisik kelas memperoleh koefisien korelasi sebesar 1,006 dengan tingkat signifikan 0,006, sedangkan variabel kemandirian siswa memperoleh koefisien korelasi sebesar 1,208 dengan tingkat signifikan 0,001, Ketiga variabel tersebut menyatakan jauh lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ho ditolak (X1, X2, X3 Mempengaruhi Y).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa tentang kinerja guru, lingkungan fisik kelas, kemandirian siswa dan prestasi belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2009 06:59
Last Modified: 16 Nov 2010 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4247

Actions (login required)

View Item View Item