Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Pisa Melalui Penerapan Problem Based Learning (Ptk Siswa Kelas Xi Semester Genap Smk Muhammadiyah Kartasura)

Astuti Sutaryono, Mega (2016) Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Pisa Melalui Penerapan Problem Based Learning (Ptk Siswa Kelas Xi Semester Genap Smk Muhammadiyah Kartasura). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (477kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang Masalah dalam penelitian ini dikarenakan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis PISA dengan subjek siswa kelas XI OC SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2015/2016 melalui strategi Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemecahan masalah berbasis PISA dilihat dari: 1. Menunjukkan pemahaman masalah berbasis PISA dari sebelum tindakan 5 siswa (22,73 %) setelah tindakan meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) 2. Memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah berbasis PISA secara tepat dari sebelum tindakan 3 siswa (13,64 %) setelah tindakan meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) 3. Menyelesaikan masalah berbasis PISA dari sebelum tindakan 6 siswa (27,27 %) setelah tindakan meningkat menjadi 14 siswa (63,64%). Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika berbasis PISA. Kata Kunci: pemecahan masalah, pisa, problem based learning

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, PISA, Problem Based Learning problem solving, PISA, Problem Based Learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MEGA ASTUTI SUTARYONO
Date Deposited: 23 Mar 2016 03:42
Last Modified: 23 Mar 2016 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/42433

Actions (login required)

View Item View Item