IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CREATIVE APPROACH BERBASIS PICTORIAL RIDDLE APROACH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009

Khotimah , Tin Nyaik Khusnul (2009) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CREATIVE APPROACH BERBASIS PICTORIAL RIDDLE APROACH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050016.pdf

Download (30kB)
[img] PDF
A420050016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2008/2009 dengan implementasi pembelajaran creative approach berbasis pictorial ridde approach. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini diawali dengan pemberian tes kemampuan awal dan pemberian tes siklus disetiap akhir siklus. Pembelajaran dilaksanakan dengan creative approach (pendekatan kreatif) dengan siswa diberi permasalahan berupa teka-teki gambar (pictorial ridde approach) untuk dipecahkan secara berkelompok dengan diskusi. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, diskusi, dokumentasi, tes dan lembar penilaian afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan) Untuk data yang diperoleh dari tes kemampuan awal, tes siklus I, II, III dan data pengamatan dengan lembar penilaian afektif dianalisis secara kuantitatif dengan penghitungan standar deviasi (SD). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai siklus I {ranah kognitif: 53 atau meningkat sebesar 13,7 dari nilai awal dengan SD 8,778; ranah afektif: 33,275 (termasuk kategori cukup berminat) dengan SD 5,167}. Rata-rata nilai siklus II {ranah kognitif: 56,9 atau meningkat sebesar 3,9 dari nilai siklus I dengan SD 6,496; ranah afektif: 36,425 (termasuk kategori cukup berminat) dengan SD 5,253}. Rata-rata nilai siklus III {ranah kognitif: 69,125 atau meningkat sebesar 12,225 dari siklus II dengan SD 9,548; ranah afektif:41,7 (termasuk kategori berminat) dengan SD 3,613}. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan creative approach berbasis pictorial ridde approach meningkatkan pemahaman siswa yang terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa, hasil belajar, pembelajaran creative approach berbasis pictorial ridde approach
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Aug 2009 08:22
Last Modified: 16 Nov 2010 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4193

Actions (login required)

View Item View Item