PEMAHAMAN GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM PENYUSUNAN DAN PENERAPAN SILABUS BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) KELAS VIIA SEMESTER II DI SMP N 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

SUPATMI , YULIANA DWI (2009) PEMAHAMAN GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM PENYUSUNAN DAN PENERAPAN SILABUS BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) KELAS VIIA SEMESTER II DI SMP N 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050015.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
A420050015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pemahaman guru mata pelajaran biologi dalam penyusunan silabus terhadap penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMP N 4 Klaten kelas VII tahun pelajaran 2008/2009. Subjek yang dipakai dalam penelitian merupakan kelas VII di SMP N 4 Klaten. Peneliti menyiapkan tabel kisi-kisi dokumentasi untuk melihat kesiapan guru dalam mengajar yang dapat dilihat dari penyusunan silabus yang mengandung uraian materi, pengalaman belajar, penelitian yang meliputi jenis tagihan bentuk instrumen, alokasi waktu dan sumber atau bahan atau alat. Keberhasilan proses belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah cara atau strategi guru dalam mengajar, guru harus berpedoman pada silabus agar program yang telah direncanakan dapat dilaksanakan tanpa mengalami kesulitan yang berarti. Metode dokumentasi dilakukan untuk melihat kesiapan guru dalam mengajar yang dapat dilihat melalui penyusunan silabus dan didokumentasikan dalam bentuk catatan. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian diskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi yaitu cara menghimpun data yang dilakukan dengan mengamati dan mencatat gejala-gejala yang sedang diteliti baik secara langsung atau tidak langsung dan menggunakan metode dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode diskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan obyek apa adanya dengan melakukan skoring, tabulasi data, pengkategorian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang penyusunan silabus guru mata pelajaran biologi pada tahap I mendapat scor 4,57, pada tahap II mendapat scor 4,71 (naik 2,8 %). Pada tahap III mendapat scor 4,85 (naik 2,9%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman guru mata pelajaran biologi dalam menyusun dan penerapan silabus terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP N 4 Klaten kelas VII A tahun ajaran 2008/2009 sudah baik atau mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Silabus, KTSP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Aug 2009 08:12
Last Modified: 25 Oct 2011 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4192

Actions (login required)

View Item View Item