KESULITAN GURU BIDANG STUDI BIOLOGI DALAM MENGELOLA KELAS MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)DI KELAS VII SMP N 1 GROBOGAN TAHUN AJARAN 2008/2009

WIJIYANTO , FERY (2008) KESULITAN GURU BIDANG STUDI BIOLOGI DALAM MENGELOLA KELAS MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)DI KELAS VII SMP N 1 GROBOGAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420020090.pdf

Download (59kB)
[img] PDF
A420020090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan guru bidang studi biologi dalam mengelola kelas dengan strategi contextual teaching and learning (CTL) pada guru kelas VII SMP N 1 Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Strategi penelitian adalah penelitian kualitatif untuk menggambarkan kesulitan guru bidang studi biologi dalam mengelola kelas. Penelitian dilaksanakan terhadap guru kelas VII SMP N 1 Grobogan. Pengumpulan data cara belajar menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kesulitan guru bidang studi biologi dalam mengelola kelas menggunakan strategi pembelajaran contextual teaching learning di SMP Negeri 1 Grobogan tahun pelajaran 2008/2009 termasuk kategori sedang. Kesulitan guru bidang studi biologi dalam mengelola kelas tersebut terletak pada faktor internal, faktor eksternal, dan faktor penerapan strategi CTL. Faktor internal berupa tipe kepemimpinan, kepribadian, pengetahuan, dan pemahaman guru. Faktor eksternal berupa perilaku siswa, kesadaran siswa, kedisiplinan siswa, komunikasi siswa dengan orang tua, dan ketersediaan alat pembelajaran sangat berpengaruh terhadap kesulitan guru dalam mengelola kelas. Selain itu guru sudah memahami KTSP sehingga tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi CTL.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan mengelola kelas, strategi contextual teaching and learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Aug 2009 07:16
Last Modified: 16 Nov 2010 07:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item