KONSUMEN DAN JASA TRANSPORTASI (Studi Terhadap Perlindungan Hukum Pada Konsumen Fasilitas Publik Transportasi Darat Dan Pelayanan Jasa Transportasi Perusahaan Otobus Di Kabupaten Wonogiri)

NUGROHO , LANUGRANTO ADI (2008) KONSUMEN DAN JASA TRANSPORTASI (Studi Terhadap Perlindungan Hukum Pada Konsumen Fasilitas Publik Transportasi Darat Dan Pelayanan Jasa Transportasi Perusahaan Otobus Di Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
C100040073.pdf

Download (133kB)
[img] PDF
C100040073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil menejemen pengelolaan fasilitas publik pendukung sistem transportasi darat dan pelayanan jasa transportasi perusahaan otobus di Kabupaten Wonogir dan mendeskripsikan perlindungan hukum terhadap penumpang sebagai konsumen fasilitas publik pendukung sistem transportasi darat dan pelayanan jasa transpotasi perusahaan otobus di Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan non-doktrinal yang bersifat deskriptif eksplanatif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kabupaten Wonogiri. Lokasi penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan metode snow balling. Analisis datanya menggunakan model analisis interaktif. Pembahasan dan wawancara dengan konsumen jasa fasilitas publik transportasi darat dan pelayanan jasa transportasi perusahaan otobus di Kabupaten Wonogiri menunjukkan : a. Sebanyak 13 orang informan ( 94, 5 % ) menyatakan bahwa fasilitas publik transportasi darat dan jasa pelayanan perusahaan otobus belum lengkap. b. Sebanyak 12 orang informan ( 75, 6 % ) menyatakan bahwa konsumen fasilitas publik transportasi darat dan pelayanan jasa ransportasi perusahaan otobus belum melindungi penggunanya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui kategorisasi strategi perlindungan konsumen yang berupa pemberdayaan konsumen dan persaingan usaha yang sehat, hak-hak konsumen fasiitas publik transportasi darat dan pelayan jasa perusahaan otobus di kabupaten Wonogiri yang sudah dilindungi adalah: a. Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan jasa b. Hak untuk memlilih barang dan atau jasa serta mendapatkan barang atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan c. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif d. Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi, dan atau pengganti apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya Sedangkan hak-hak yang belum dilindungi adalah: a. Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan jasa b. Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan jasa yang digunakan c. Hak untuk mendapat advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut d. Hak untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen Tidak terlindunginya hak-hak konsumen tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang berpengaruh adalah faktor individu anggota masyarakatnya sendiri, faktor ekonomi dan faktor sosial. Disini terlihat bahwa bekerjanya hukum dalam masyarakat tidak serta merta bekerja secara otonom dan independen tetapi faktor dari luar hukum dalam hal ini faktor sosiologis juga berpengaruh terhadap kinerja hukum dalam masyarakat pada umumnya dan konsumen fasiltas publik transportasi darat dan pelayanan jasa perusahaan otobus khusussnya di kabupaten Wonogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas publik, transportasi darat, jasa transportasi, perusahaan otobus, pemberdayaan konsumen, persaingan usaha
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Aug 2009 02:30
Last Modified: 16 Nov 2010 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item View Item