FAKTOR-FAKTOR YANG YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMBELIAN MINYAK GORENG BIMOLI DI KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI

KURNIAWAN, BAYU (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMBELIAN MINYAK GORENG BIMOLI DI KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
B100040060.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian survey ini terletak di kecamatan Selogiri kabupaten Wonogiri dengan judul “ FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMBELIAN MINYAK GORENG BIMOLI DI KECAMATAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI “. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam pembelian minyak goreng bimoli dan faktor yang paling besar pengaruhnya dalam pembelian minyak goreng bimoli di kecamatan selogiri kabupaten Wonogiri. Dalam penelitian ini, penulis mengambil hipotesis yaitu tingkat pendapatan keluarga, tingkat harga, selera konsumen berengaruh terhadap pengambilan keputussan pembelian minyak goreng bimoli di kecamatan selogiri kabupaten Wonogiri. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap pengambilan keptusan dalam pembelian minyak goreng bimoli di kecamatan selogiri kabupaten Wonogiri dengan menggunakan aanalisis regresi linear berganda dengan alat Bantu komputer SPSS. Model persamaan Y= a + b1X1 + b2X2 + b3X3 uji hipotesis untuk mengetahui signifikan atau tidak, pengaruh X dan Y dengan uji t dan f test. Untuk mengetahui secara simultan dengan criteria Ho ditolak apabila t hitung kurang dati t tabel dan Hi diterima, apabila t hitung lebih besar dari t tabel. Uji f dengan criteria apabila f hitung lebih besar dari f tabel maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hasil analisis dengan ala analisis regresi linear berganda. Bentuk model persamaan pengaruh X terhadap Y= 15,697 + 0,09726X1 + 0,393X2 – 0,264X3. Hasil dari koefisien regresi yang terbesar adalah X2 berarti faktor yang paling dominan. Hasil uji t hitung adalah X1= 0,978 < 1,645 berarti Ho diterima dan Hi ditolak, X2 = 3,115 > 1,645 berarti Ho ditolak dan Hi diterima, sedangkan X3= - 3,877 < 1,645 berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Hasil F hitung adalah 6,953 lebih besar dari F tabel sebesar 2,704 (a=0,05) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Dari hasil analisis diatas maka tingkat harga dan selera konsumen mempunyai pengaruh sedangkan tingkat pendapatan tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam pembelian minyak goreng Bimoli atau dengan berubahnya selera konsumen sebesar satu satuan maka akan mengakibatkan menurunnya pengaruh terhadap pengambilan keputusan dala pembelian minyak goreng Bimoli.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengambilan keputusan,faktor yang paling besar pengaruhnya,tingkat harga, selera konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2009 07:56
Last Modified: 16 Nov 2010 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

View Item View Item