Pelayanan Hak Mendapatkan Pendidikan Pada Siswa Kurang Mampu (Studi Kasus Pelaksanaan Program Sintawati Di Sma Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen)

Maswaya, Ardhi (2016) Pelayanan Hak Mendapatkan Pendidikan Pada Siswa Kurang Mampu (Studi Kasus Pelaksanaan Program Sintawati Di Sma Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (840kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pelayanan hak mendapatkan pendidikan pada siswa kurang mampu di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen, mendeskripsikan kendala pelayanan hak mendapatkan pendidikan pada siswa kurang mampu di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen, mendiskripsikan solusi dalam mengatasi kendala pelayanan hak mendapatkan pendidikan pada siswa kurang mampu di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan sumber data dari wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, bendahara komite, dan siswa kurang mampu di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Sragen, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, mencatat dokumen atau arsip. Untuk menguji data dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pelayanan hak mendapatkan pendidikan pada siswa kurang mampu di SMA Negeri 1 Gondang kabupaten Sragen adalah adanya diberlakukannya program pemerintah Kabupaten Sragen berupa beasiswa untuk siswa kurang mampu yang disebut beasiswa Sintawati. 2) Kendala pelayanan hak mendapatkan pendidikan pada siswa kurang mampu adalah Program/Beasiswa Sintawati tersebut belum diketahui warga masyarakat Kabupaten Sragen secara luas dan hanya diketahui warga masyarakat secara sempit saja. 3) Solusi dalam mengatasi kendala pelayanan hak mendapatkan pendidikan pada siswa kurang mampu di SMA Negeri 1 Gondang Sragen adalah keaktifan masyarakat mampu sangat diperlukan agar Program Sintawati dapat berjalan secara maksimal, pemerintah Kabupaten Sragen seharusnya mengadakan sosialisasi secara merata di daerah tentang adanya Program Sintawati, dan jugamendirikan unit pelayanan kemiskinan di Kecamatan agar masyarakat secara mudah untuk registrasi di dalam Program Sintawati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia, Siswa Kurang Mampu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: ARDHI MASWAYA
Date Deposited: 09 Jan 2016 04:13
Last Modified: 09 Jan 2016 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40198

Actions (login required)

View Item View Item