Pengaruh Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat Dukuh Saripan, Desa Makamhaji, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo

Mochlisin, Mochlisin and , Drs. M. Yusron, M.Ag and , Drs. Darojat Ariyanto, M.Ag (2015) Pengaruh Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat Dukuh Saripan, Desa Makamhaji, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (10MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (9MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publiaksi)
SURAT PERNYATAAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hubungan antara pondok pesantren dengan komponen yang ada didalamnya sangat erat, khususnya dengan masyarakat. Dengan adanya pondok, masyarakat bisa menggali ilmu-ilmu agama. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pondok pesantren harus memiliki pengaruh terhadap perkembangan masyarakat sekitarnya. Dalam penelitian ini akan mengkaji bagaimana pengaruh Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran terhadap perilaku keagamaan masyarakat Dukuh Saripan, Desa Makamhaji, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan dan memberikan informasi mengenai pengaruh pondok terhadap perilaku keagamaan masyarakat dukuh Saripan. Untuk mengkaji lebih dalam mengenai perilaku keagamaan penulis, bersandar pada teori dimensi-dimensi keagamaan menurut R. Stark dan C.Y. Glock, dari lima dimensi yang ada penelitian ini hanya menekankan pada tiga dimensi saja yaitu, dimensi keyakinan (The ideological dimension), dimensi praktek agama atau ibadah (The ritualistic dimension) dan dimensi pengetahuan (The intellectual dimension). Penelitian yang termasuk field research (penelitian lapangan) ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dengan demikian metode pengumpulan datanya adalah observasi dn wawancara, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu data-data yang berhasil dikumpulkan, dideskripsikan dan diinterpretasikan dalam bentuk kata-kata tertulis. Hasil dari penelitian menyimpulkan 1) Dimensi keyakinan masyarakat meningkatkan perilaku keagamaan dalam menjalani kehidupan yang lebih erkualitas. 2) Dimensi ibadah, masyarakat lebih mengetahui bahwa ibadah yangdikerjakan tidak sebatas ritual keagamaan saja, namun subtansi dari ibadah akan mempengaruhi perilaku kehidupan seperti, kedisiplinan dan mencegah perbuatan buruk. 3) Dimensi pengetahuan pada masyarakat menyangkut ajaran-ajaran agama semakin meningkat. Bentuk kegiatan pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran yang mempengaruhi perilaku keagamaan masyarakat sekitar di antaranya adalah pengajian, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Khatib shalat Jum’at, dan shalat berjamaah di masjid.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok, Masyarakat, Perilaku dan Dimensi Keagamaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ushuluddin
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 21 Dec 2015 02:54
Last Modified: 09 Oct 2021 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40020

Actions (login required)

View Item View Item