Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Active Learning Di SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2014/2015

Latif, Muhammad Abdul and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag (2015) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Active Learning Di SMA Negeri Jumapolo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (14MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah mata pelajaran yang bertujuan untuk memberikan pemahaman ajaran-ajaran Islam kepada peserta didik dan membentuk keluhuran budi dalam rangka menempuh hidup bahagia dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa hal yang harus terpenuhi, salah satunya yaitu penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi ajar. Tetapi, masalah yang terjadi di lapangan adalah masih banyak guru agama Islam yang saat ini masih menekankan metode ceramah pada proses pembelajaran. Padahal dengan luasnya materi pembelajaran PAI yang harus disampaikan, seorang guru PAI tidak dapat menyampaikan materi pembelajaran hanya dengan penggunaan metode ceramah. Masalah yang akan dikaji pada skripsi ini adalah bagaimana upaya peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa melalui metode pembelajaran active learning di SMA Negeri Jumapolo tahun pelajaran 2014/2015 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi belajar pendidikan agama Islam bagi siswa melalui metode pembelajaran active learning di SMA Negeri Jumapolo tahun pelajaran 2014/2015. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai upaya untuk memperkaya khasanah keilmuan dibidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan penerapan metode pembelajaran active learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah induktif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya peningkatan motivasi belajar PAI bagi siswa melalui metode pembelajaran active learning di SMA Negeri Jumapolo, meliputi: penerapan metode diskusi, metode go to the post, metode bermain peran, metode peta konsep, metode bisik berantai, dan metode teka-teki silang. Sedangkan motivasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri Jumapolo ada dua macam yaitu motivasi intrinsik meliputi: adanya persaingan setiap siswa untuk menjadi yang terbaik dalam hal akademik, pengerjaan dan pengumpulan tugas yang tepat waktu, keaktifan siswa. Sedangkan motivasi ekstrinsik meliputi: memberikan nilai, adanya penghargaan dan hukuman, adanya sistem peringkat di dalam kelas, dan penerapan metode pembelajaran yang bervariatif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Mata Pelajaran PAI, Active Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 21 Dec 2015 01:21
Last Modified: 09 Oct 2021 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40017

Actions (login required)

View Item View Item