Problematika Dan Peningkatan Motivasi Belajar Kemuhammadiyahan Di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015

Azizah, Widya Nur and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2015) Problematika Dan Peningkatan Motivasi Belajar Kemuhammadiyahan Di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAK PUBLIKASI.pdf

Download (680kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

Pendidikan Kemuhammadiyahan adalah salah satu mata pelajaran pokok di semua lembaga pendidikan Muhammadiyah. Dari pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah. Kemuhammadiyahan dijadikan pelajaran pokok dengan tujuan agar dapat diamati, dipahami dan dihayati oleh setiap peserta didik. Pendidikan Kemuhammadiyahan akan memberikan bekal kepada pelajar Muhammadiyah sehingga mereka menjadi kader-kader Muhammadiyah yang tangguh meneruskan serta melangsungkan cita-cita dan amal usaha Muhammadiyah. Permasalahan yang dirumuskan dalam skripsi ini adalah problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam mempelajari bidang studi Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak dan usaha yang dilakukan guru dan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar Kemuhammadiyahan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam mempelajari bidang studi Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak dan untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan guru dan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar Kemuhammadiyahan. Jenis penelitian ini digolongkan dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa problematika pembelajaran Kemuhammadiyahan berasal dari guru dan siswa. Masalah yang muncul dari guru diantaranya adalah metode yang kurang bervariasi, tidak ada media pembelajaran yang memadai, guru datang tidak tepat waktu di kelas, sulit memahamkan materi karena tingkat SDM siswa dan dalam pelaksanaannya materi tidak dapat diselesaikan secara efektif. Selanjutnya masalah yang muncul dari siswa adalah siswa tidak memperhatikan dan kurang aktif, siswa ribut sendiri di dalam kelas, siswa yang berasal dari luar paham Muhammadiyah protes apabila pahamnya disinggung dan di tengah jalannya pembelajaran ada beberapa siswa yang terlihat bosan. Sedangkan cara meningkatkan motivasi belajar Kemuhammadiyahan dapat dilakukan secara internal maupun eksternal. Internal, yaitu dorongan dari dalam diri murid itu sendiri dan eksternal, yaitu dorongan yang berasal dari guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Peningkatan Motivasi dan Kemuhammadiyahan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Dec 2015 03:39
Last Modified: 09 Oct 2021 03:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40008

Actions (login required)

View Item View Item