Pembinaan Ideologi Muhammadiyah Di Sekolah/Madrasah (Studi Kasus Di Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Selogiri Tahun 2014)

INDRIYANI, Dian (2015) Pembinaan Ideologi Muhammadiyah Di Sekolah/Madrasah (Studi Kasus Di Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Selogiri Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (576kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstract

Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Adapun cita-cita Muhammadiyah adalah terciptanya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Untuk melaksanakan dan memperjuangkan keyakinan dan citacita hidupnya, Muhammadiyah selalu mendasarkan pada prinsip-prinsip ajaran Islam, karena adanya keyakinan bahwa hanya Islamlah ajaran yang mampu mengatur tata kehidupan manusia yang dapat membawa pada kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat. Setiap Pimpinan Muhammadiyah memiliki tugas untuk menanamkan ideologi Muhammadiyah. Dalam hal ini, Majelis Dikdasmen Cabang Muhammadiyah Selogiri memiliki fungsi penting dalam menanamkan ideology Muhammadiyah. Ideologi Muhammadiyah adalah ideologi Islam yang berpegang pada Al-Qur’an dan Al-Sunnah dengan cita-cita membentuk masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Ideologi Muhammadiyah yang demikian ini telah dirumuskan dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Kepribadian Muhammadiyah, Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah, dan Pedoman hidup Islami Warga Muhammadiyah. Majelis Dikdasmen Cabang Muhammadiyah Selogiri adalah salah satu majelis yang ada di PCM Selogiri. Majelis ini berdiri dengan tujuan yang sama dengan pimpinan-pimpinan yang lainnya, yaitu menanamkan ideology Muhammadiyah. Penanaman ideologi Muhammadiyah sangatlah penting untuk dilakukan oleh Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Selogiri, karena lingkungan yang sangat majemuk dalam pemahaman ke-Islamannya. Oleh karena itu, perlu adanya optimalisasi fungsi Majelis Dikdasmen Selogiri dalam menyelenggarakan pembinaan ideologi Muhammadiyah di sekolah dengan mengambil langkahlangkah yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan fungsi Majelis Dikdasmen Cabang Muhammadiyah Selogiri dalam menyelenggarakan pembinaan ideologi Muhammadiyah di Sekolah/Madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan data-datanya didapatkan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan pendekatan deskriptif analitik dan induktif analitik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Majelis Dikdasmen Cabang Muhammadiyah Selogiri dalam menyelenggarakan pembinaan ideology Muhammadiyah melalui pendidikan formal, upgrading dan training, dan pendidikan informal. Adapun dalam pendidikan formal Majelis Dikdasmen Selogiri telah mendirikan dua sekolah yaitu MIM dan SDIIM dan juga melakukan pembinaan ke-Islaman. Upgrading dan training Majelis Dikdasmen Selogiri menyelenggarakan pembinaan jiwa persyarikatan, keilmuan dan wawasan, dan pembinaan penguasaan keterampilan, informasi dan keilmuan. Serta pendidikan informal dengan cara melakukan pembinaan kepemimpinan dan manajemen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Majelis Dikdasmen, Pembinaan, Ideologi Muhammadiyah.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Dec 2015 03:31
Last Modified: 19 Dec 2015 03:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40005

Actions (login required)

View Item View Item