Evaluasi Pengetahuan Ibu-Ibu Pkk Tentang Penyakit Ispa Sebelum Dan Sesudah Diberi Edukasi Dengan Ceramah Dan Leaflet Di Kabupaten Grobogan

AFIFFATHATIN, Elisti and , Suprapto, M.Sc., Ph.D., Apt (2015) Evaluasi Pengetahuan Ibu-Ibu Pkk Tentang Penyakit Ispa Sebelum Dan Sesudah Diberi Edukasi Dengan Ceramah Dan Leaflet Di Kabupaten Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (604kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (Bab I)
bab 1.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

ISPA merupakan penyakit urutan kedua penyebab kematian pada balita. Pengetahuan yang dimiliki oleh orang tua terutama ibu berperan dalam pengambilan keputusan apabila keluarganya sakit. Pengetahuan tersebut dapat ditingkatkan dengan memberikan edukasi kesehatan melalui ceramah dan leaflet. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pengetahuan ibu-ibu PKK di Kabupaten Grobogan tentang penyakit ISPA sebelum dan sesudah mendapat edukasi melalui metode ceramah dan leaflet, dan untuk mendapatkan metode edukasi yang lebih efektif antara metode ceramah dan leaflet dalam meningkatkan pengetahuan tersebut. Jenis penelitian ini adalah eksperimental design dengan metode pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 200 responden dibagi dalam dua kelompok : kelompok sampel yang mendapat edukasi ceramah dan kelompok yang mendapat edukasi leaflet. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann-Withney. Uji Wilcoxon menunjukkan hasil signifikan (p = 0,00) bahwa terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberi edukasi. Terjadi peningkatan pengetahuan setelah diberi edukasi dengan ceramah dan leaflet, nilai rata-rata peningkatan pengetahuan setelah edukasi ceramah 25,5 dan setelah pemberian leaflet 12,85 sehingga dapat dikatakan bahwa dalam meningkatkan pengetahuan metode ceramah lebih baik dan efektif. Uji Mann-Withney diperoleh nilai p = 0,00(<0,05) berarti ada perbedaan efektivitas antara metode ceramah dan leaflet dalam meningkatkan pengetahuan responden tentang penyakit ISPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ISPA, pengetahuan, ceramah, leaflet
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 16 Dec 2015 06:25
Last Modified: 14 Nov 2017 03:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39944

Actions (login required)

View Item View Item