Aktivitas Antibakteri Kombinasi Ekstrak Etanol Biji dan Batang Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Bakteri Shigella Dysenteriae dan Streptococcus Pyogenes Serta Bioautografinya

ARTHASARI, Dian Ayu Ara and , Ratna Yuliani, M. Biotech. St. (2015) Aktivitas Antibakteri Kombinasi Ekstrak Etanol Biji dan Batang Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Bakteri Shigella Dysenteriae dan Streptococcus Pyogenes Serta Bioautografinya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Tanaman pepaya (Carica papaya L.) merupakan salah satu tanaman obat di Indonesia. Bagian pohon pepaya seperti daun, buah, batang dan biji mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas antibakteri kombinasi ekstrak etanol biji dan batang pepaya terhadap Shigella dysenteriae dan Streptococcus pyogenes dan senyawa yang bertanggungjawab sebagai antibakteri. Ekstraksi dilakukan dengan maserasi menggunakan etanol 70%. Uji aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi Kirby Bauer dilakukan terhadap bakteri Streptococcus pyogenes dan Shigella dysenteriae. Uji kromatografi lapis tipis dilakukan untuk mengetahui kandungan senyawa ekstrak etanol biji dan batang pepaya dengan fase diam silika gel GF254dan fase gerak etilasetat: metanol:air (100:12:18) untuk ekstrak biji dankloroform:metanol (3:7) untuk ekstrak batang. Bioautografi kontak dilakukan untuk mengetahui kandungan senyawap ada ekstrak biji dan batang yang bertanggungjawab sebagai antibakteri. Aktivitas antibakteri tidak mengalami peningkatan setelah dilakukan kombinasi ekstrak biji dan batang papaya dibandingkan ekstrak tunggalnya. Hasil KLT menunjukkan senyawa yang dapat dideteksi pada ekstrak biji dan batang papaya diduga steroid dan tanin. Hasil uji bioautografi menunjukkan bahwa senyawa yang bertanggungjawab sebagai aktivitas antibakteri pada S. dysenteriae diduga adalah steroid pada ekstrak biji papaya dan senyawa yang bertanggungjawab pada S. pyogenes belum dapat ditentukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Carica papaya L., Shigella dysenteriae dan Streptococcus pyogenes
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Dec 2015 05:17
Last Modified: 14 Nov 2017 03:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39875

Actions (login required)

View Item View Item