Pengaruh Pemberitaan Kasus Penyerangan Lapas Cebongan Sleman Di Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Kopassus

WIDYASTOKO, Priyo and , Muhammad Toharudin, S.Pd, Ma and , Agus Triyono, M.Si (2015) Pengaruh Pemberitaan Kasus Penyerangan Lapas Cebongan Sleman Di Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Kopassus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08. Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (394kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Berita merupakan salah satu bagian dari media massa yang fungsinya menginformasikan sesuatu yang terjadi di berbagai penjuru dunia. Media massa melalui pemberitaan, memiliki kemampuan dalam menggiring pemikiran seseorang, saat media massa menyampaikan berita atau pesan maka seseorang akan menerima dan mengikuti sesuai dengan apa yang disampaikan oleh media massa, sehinga mempengaruhi persepsi seseorang. Seperti halnya pemberitaan kasus penyerangan Lapas Cebongan Sleman oleh anggota Grup II Kopassus di media massa merupakan salah satu bentuk pengaruh terhadap persepsi seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pemberitaan kasus penyerangan Lapas Cebongan Sleman di media massa terhadap persepsi masyarakat Dukuh Tanggul, Desa Pucangan, kecamatan Kartasura Tentang Kopassus. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Dukuh Tanggul Kelurahan Pucangan, kecamatan Kartasura. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Dukuh Tanggul Kelurahan Pucangan, Kecamatan Kartasura. Dengan teknik penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel sebanyak 76 responden. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif, yakni periset menghubungkan atau mencari sebab-akibat antara dua atau lebih konsep (variabel) yang akan diteliti. Sumber data penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder dengan pengumpulan data mengunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linier. Dari analisis menunjukan pemberitaan di media massa berpengaruh terhadap persepsi masyarakat. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Pemberitaan Media Massa (X) mempunyai nilai thitung > ttabel, yaitu 22.724 > 1,994. Hasil penelitian ini berarti variabel pemberitaan media massa secara bersama-sama berpengaruh terhadap presepsi masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media, Persepsi, Kopassus
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Dec 2015 03:28
Last Modified: 13 Oct 2021 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39849

Actions (login required)

View Item View Item