PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KUMON DI BIMBINGAN BELAJAR KUMON COKROBASKORO TIPES SURAKARTA

SURYANI MARDHIANA, ETHIS and , Dr. Sumardi, M.Si and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2015) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KUMON DI BIMBINGAN BELAJAR KUMON COKROBASKORO TIPES SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (579kB)
[img] PDF (TESIS BAB I)
Bab 1 Tesis 2.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (TESIS BAB II)
Bab 2 Tesis 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (TESIS BAB III)
Bab 3 Tesis 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (TESIS BAB IV)
Bab 4 Tesis 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (TESIS BAB V)
Bab 5 Tesis 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (TESIS DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
publikasi.pdf

Download (239kB)

Abstract

Ethis Suryani Mardhiana. NIM. Q. 100 130 105. E-Mail ethis.asmara@yahoo.com. Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Kumon di Bimbingan Belajar Kumon Cokrobaskoro Tipes Surakarta. Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pembimbing I, Dr. Sumardi, M.Si. E-Mail s_mardi15@yahoo.co.id, Pembimbing II, Dr. Sabar Narimo, MM., M.Pd E-Mail sabar.narimo@ymail.com. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripkan perencanaan pembelajaran matematika berbasis Kumon, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis Kumon, mendeskripsikan dan mengkaji efektivitas dari strategi pembelajaran matematika berbasis Kumon, dan mendeskripsikan sistem evaluasi pembelajaran matematika berbasis Kumon yang dilakukan oleh bimbingan belajar Kumon Cokrobaskoro Tipes Surakarta. Tempat penelitian berada di Pusat Bimbingan Belajar Kumon, Jalan Cokrobaskoro nomor 201 A, Tipes Surakarta pada bulan Februari 2015 sampai Juli 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh dengan teknik wawancara yang berupa ungkapan atau ucapan informan, hasil observasi, dan dokumen yang mendukung dalam penelitian yang berupa catatan atau dokumen resmi lembaga Kumon yang berada di Pusat Bimbingan Belajar Kumon Cokrobaskoro Tipes Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan metode Kumon sangat berbeda dengan yang digunakan di sekolah-sekolah. Pembelajaran yang diterapkan dengan bimbingan perseorangan, bukan klasikal. Level pembelajaran tiap peserta didik disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Peserta didik memulai pelajaran dari titik pangkal yang lebih rendah dari kelasnya. Setelah kira-kira satu tahun mereka akan melampai level setingkat kelasnya bahkan jauh lebih tinggi Kata Kunci: pengelolaan, pembelajaran, matematika, Kumon, titik pangkal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran, matematika, Kumon, titik pangkal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username q100130105
Date Deposited: 15 Dec 2015 09:07
Last Modified: 12 Oct 2021 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39824

Actions (login required)

View Item View Item