Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Arisan Qurban Idul Adha Di Blok 3 Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Cirebon Jawa Barat Tahun 2008-2012

Permatasari, Apriyani and , Drs. Harun, MH and , Dr. Imron Rosyadi, M.Ag (2015) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Arisan Qurban Idul Adha Di Blok 3 Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Cirebon Jawa Barat Tahun 2008-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (843kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Arisan qurban ialah pengumpulan sejumlah uang oleh sekelompok orang setiap jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan penarikan undian untuk menentukan giliran siapa yang berhak melaksanakan ibadah kurban pada tahun ini. Adapun bagi mereka yang belum mendapatkan giliran pada tahun tersebut, akan mendapatkan giliran sesuai dengan penarikan undian pada tahun-tahun berikutnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah jenis akad perjanjian dalam pelaksanaan arisan qurban idul adha di Blok 3 Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Cirebon Jawa Barat dan apakah pelaksanaan arisan qurban idul adha di Blok 3 Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Cirebon Jawa Barat sah menurut tinjauan hukum Islam? Tujuan Penulisan daari penulisan ini daalah Untuk mengetahui jenis akad perjanjian dalam pelaksanaan arisan kurban di Blok 3 Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Cirebon Jawa Barat dan untuk mengetahui sah atau tidaknya pelaksanaan arisan kurban di Blok 3 Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun Cirebon Jawa Barat dalam tinjauan hukum Islam. Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah metode pendekatan kualitatif yang bersifat pola pikir deduktif, pendekatan yang digunakan yakni normative analitis. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan arisan kurban idul adha di Blok 3 Desa Jungjang Arjawinangun Cirebon termasuk akad yang diperboleh (mubah), dengan terpenuhinya rukun akad maupun syarat sahnya dalam melakukan akad. Pelaksanaan arisan kurban idul adha ini lebih banyak manfaatnya, karena salah satunya sebagai ajang silahturahmi bagi masyarakat Blok 3 dan sebagai sarana menabung (simpanan), walaupun hasilnya nanti bukan berupa uang tetapi hewan kurban (kambing). Jenis akad untuk praktik arisan kurban ini jika dilihat dari sisi iuran maka menggunakan akad wadi>‘ah karena Bapak Surip (penerima titipan) tidak mengambil keuntungan dari kegiatan tersebut, sesuai dengan fatwa DSN MUI Nomor: 36/DSN-MUI/X/2002 tentang Wadi>‘ah. Qard}ul hasan dalam penerapan arisan qurban yakni anggota yang sudah mendapatkan arisan qurban masih wajib membayar iuran, sedangkan syirkah dalam penerapan arisan qurban yakni para anggota bekerjasama dengan anggota yang lain dengan mempercayakan dana iuran tersebut kepada Bapak Surip selaku pengelola arisan qurban idul adha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arisan Qurban, Wadi>‘ah,Qard}ul hasan,Syirkah
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islam > BA12 Hukum Ekonomi Islam
B Philosophy (General); Religion > BP Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2015 10:01
Last Modified: 30 Nov 2022 04:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39794

Actions (login required)

View Item View Item