Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur(DP3A) Apartemen Mahasiswa Internasional Di Yogyakarta (Penerapan Unsur-Unsur Budaya Tradisional Jawa)

Prastika, Sanitya Febriana and , Dr.Ir Arya Ronald and , Ir. Nurhasan, MT (2015) Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur(DP3A) Apartemen Mahasiswa Internasional Di Yogyakarta (Penerapan Unsur-Unsur Budaya Tradisional Jawa). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. Naskah Publikasi.pdf

Download (374kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. Halaman Depan.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] PDF (Surat Peryataan)
1. Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah kota yang memiliki sejuta warisan budaya peninggalan dari nenek moyang sehingga dijuluki sebagai Kota Seni dan Budaya. Para wisatawan khususnya wisatawan asing sering kita jumpai di Yogyakarta menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan wisata favorit dikarenakan keanekaragaman obyek keamanan dan kenyamanan yang kondusif, biaya hidup yang murah serta lingkungan budaya lokal yang masih kental dan mengakar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari Yogyakarta juga memiliki julukan sebagai Kota Pendidikan dikarenakan banyaknya instansi pendidikan yang ergengsi terdapat di Kota Yogyakarta. Budaya mandiri dan privasi adalah budaya yang dimiliki para mahasiswa internasional merupakan apartemen yang mana bertujuan untuk mengedepankan kenyamanan bagi pemghunimya. Tujuan dari penulisan ini adalah memberikan alternatif solusi pengembangan kota Yogyakarta pada masa kedepannya, dimana keterbatasan lahan yang terdapat di kota Yogyakarta merupakan salah satu permasalahan utama sebagai kota berkembang dan mengenalkan budaya Jawa kepada mahasiswa internasional dengan mendesain bangunan apartemen dengan penekanan kekhasan arsitektural budaya Jawa. Harapan dari penulis adalah mahasiswa internasional memilih untuk tinggal di apartemen sebagai hunian mereka selagi menempuh pendidikan di Yogyakarta. Dengan adanya desain penekanan arsitektur budaya tradisional Jawa, mahasiswa asing dapat merasakan atmosfer budaya tradisional budaya Jawa walaupun mereka tinggal di bangunan bertaraf internasional dan nyaman untuk tinggal di dalam hunian apartemen mahasiswa internasional di kota Yogyakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Apartemen Mahasiswa Internasional. Yogyakarta, Budaya
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Dec 2015 11:50
Last Modified: 17 Jun 2016 08:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39765

Actions (login required)

View Item View Item