Penerapan Metode Edutainment Humanizing The Classroom Dalam Bentuk Moving Class Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

Nur Hidayanti, Eriza and , Drs. Djumali, M.Pd (2015) Penerapan Metode Edutainment Humanizing The Classroom Dalam Bentuk Moving Class Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (462kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (707kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hal yang melatarbelakangi diterapkannya metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam bentuk Moving Class pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam bentuk Moving Class pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam bentuk Moving Class pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. (4) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam bentuk Moving Class pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif survey. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara serta dokumen atau laporan hasil belajar. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Mata Pelajaran Ekonomi dan Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Latarbelakang diterapkannya metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam bentuk Moving Class pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah pemanfaatan ruang kelas yang tersedia secara maksimal serta karakteristik belajar siswa yang bersifat kinestetis. (2) Pelaksanaan metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam bentuk Moving Class di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta sudah berjalan dengan baik khususnya pelaksanaan pada mata pelajaran ekonomi telah menerapkan tema pasar bebas dan tersedianya laboratorium kecil yang diberi nama galileo mini. (3) Kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam bentuk Moving Class pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yaitu jenis media pembelajaran yang kurang lengkap dan perlu penambahan serta waktu belajar yang tersita saat berpindah kelas. (4) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan diterapkannya metode Edutainment Humanizing The Classroom dalam bentuk Moving Class pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta karena siswa menjadi lebih paham tentang materi pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Edutainment, Moving class, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210110105
Date Deposited: 02 Dec 2015 04:05
Last Modified: 12 Oct 2021 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39739

Actions (login required)

View Item View Item