Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Stad Pada Siswa Kelas III SDN Margotuhu Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015

Munasifah, Siti and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Stad Pada Siswa Kelas III SDN Margotuhu Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
Halaman Depan.pdf

Download (999kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (BAb V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini motivasi belajar siswa kelas III SDN Margotuhu Kidul masih rendah, Peneliti bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melaui metode STAD. Subyek peneliti adalah guru dan siswa kelas III SDN Margotuhu Kidul yang berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tehnik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan tes. Tehnik uji validitas data menggunakan bentuk tringgulasi sumber dan tringulasi waktu. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusuan nan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, penyusunan rencana. Proses rencana ini dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode STAD. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari perolehan nilai siswa meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase ketuntasan siswa melalui metode STAD sebesar 76,19% , siklus II sebesar 90,47% . Hal ini membuktikan bahawa dengan penerapan metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas III SDN Margotuhu Kidul. Berdasarkan siklus keseluruhan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Peningkatan motivasi belajar IPA siswa dapat di tunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang termotivasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan memotivasi pembelajaran IPA, metode STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2015 08:35
Last Modified: 11 Oct 2021 02:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39637

Actions (login required)

View Item View Item