Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Materi Konsep Peta Melalui Alat Peraga Peta Dan Globe Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Pangkalan Margoyoso Pati Tahun 2014/2015

Alelia, Erra and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2015) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Materi Konsep Peta Melalui Alat Peraga Peta Dan Globe Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Pangkalan Margoyoso Pati Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (293kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (447kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Materi Konsep Peta Melalui Alat Peraga Peta Dan Globe Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Pangkalan Margoyoso Pati Tahun 2014/2015. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari ua siklus.teknis analisis data yaitu deskritif kuantitatif dengan cara observasi dan tes Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi belajar siswa prasiklus nilai rata-rata 48,5 dengan ketuntasan 15% dan ketidak tuntasan 85%. Dan motivasi belajar rendah 13 siswa 65%,sedang 6 siswa 30 %, tinggi 0 siswa 0 %. Pada siklus 2 nilai rata-rata 61 dengan ketuntasan 40% dan ketidak tuntasan 60%. Dan motivasi belajar rendah 6 siswa 30%,sedang 10 siswa 40 %, tinggi 6 siswa 30 %.dan siklus 2 nilai rata-rata 78,25 dengan ketuntasan 80% dan ketidak tuntasan 20%. Dan motivasi belajar rendah 2 siswa 10%,sedang 4 siswa 20 %, tinggi 18 siswa 70 %. melihat data tersebut maka motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan alat peraga peta dan globe. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa upaya meningkatkan motivasi belajar IPS materi konsep peta pada siswa kelas IV semester 2 SDN pangkalan margoyoso pati tahun 2014/2015 dapat ditingkatkan melalui alat peraga peta dan globe. Sehingga dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan pembelajaran IPS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi dan alat peraga peta dan globe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2015 08:10
Last Modified: 11 Oct 2021 02:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39635

Actions (login required)

View Item View Item