Peningkatan Motivasi Belajar Pada Materi Gerak Benda Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas III Semester Genap SDN Tambaharjo 01 Pati Tahun 2014/2015

Pujowati, Pujowati and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Pada Materi Gerak Benda Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas III Semester Genap SDN Tambaharjo 01 Pati Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (270kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (283kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Sadftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami materi yang disampaikan melalui metode ceramah. Selain itu, guru kurang terampil dalam menggunakan berbagai strategi atau metode pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan motivasi belajar IPA siswa kelas III SD Tambaharjo 01 Kecamatan Pati . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 35 orang (yang terdiri dari 17 putra dan 18 putri) dan guru kelas III SD Negeri Tambaharjo 01 Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Sedangkan obyek penelitian ini adalah tentang materi gerak benda dengan metode inquiry. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap siklus. Setiap siklus berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik interaktif data yang digunakan melalui mereduksi data yang diperoleh di lapangan, mendisplaykan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui metode tes, wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian dengan menerapkan metode inquiry hasilnya cukup memuaskan. Hal ini dapat ditunjukkan dari rata-rata ketuntasan hasil belajar yang diperoleh semakin meningkat. Pembelajaran awal atau Pra Siklus persentase ketuntasan belajar siswa 17%, Siklus I (1) persentase ketuntasan hasil belajar siswa 31%, Siklus I (2) persentase ketuntasan belajar siswa 52%, Siklus II (1) persentase ketuntasan hasil belajar siswa 69%, Siklus II (I) persentase ketuntasan hasil belajar siswa 92%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan metode inquiry dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA Siswa kelas III SDN Tambaharjo 01

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode inquiry, motivasi belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Nov 2015 07:49
Last Modified: 11 Oct 2021 02:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39633

Actions (login required)

View Item View Item