Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Keliling Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas III Semester II Di SD Negeri Pakem 01 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015

Rusmanto, Rusmanto and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Keliling Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas III Semester II Di SD Negeri Pakem 01 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
11. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (903kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (726kB)
[img] PDF (Bab I)
03. BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Bab II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Bab V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
09. lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataaan Publikasi)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang melalui metode Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Pakem 01 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, obeservasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 57 % atau 13 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 93 % atau 21 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, metode pembelajaran problem based learning (PBL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Nov 2015 02:50
Last Modified: 11 Oct 2021 02:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39622

Actions (login required)

View Item View Item