Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Card Sort Pada Pembelajaran IPA Kelas III SDN Kedumulyo 02 Tahun 2014/2015

Lestari, Puji and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Card Sort Pada Pembelajaran IPA Kelas III SDN Kedumulyo 02 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Maret.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
09. ARTIKEL SKRIPSI PUJI LESTARI.pdf

Download (26MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
02. BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
11. SURAT PERNYATAAN PUBLIASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Dari hasil obserfasi kelas pra siklus penelitian Pembelajaran IPA di kelas III SDN Kedumulyo 02 dengan jumlah siswa 25.Dari data analisis nilai IPA bulan Februari 2015 menunjukkan bahwa 64 % siswa belum tuntas,selama ini kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPA menghafal teori dan konsep saja,cenderung siswa pasif.Dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA dikelas III ini tergolong masih sangat rendah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan belajar siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi card sort.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus kegiatan.Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN.Kedumulyo 02 metode observasi dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentage keaktifan siswa meningkat:1) Menjawab pertanyaan guru meningkat sebesar 24% dari 56% siklus I menjadi 80% pada siklus II.2) Dalam berdiskusi meningkat sebesar 20% dari 64% siklus I meningkat menjadi 84% pada siklus II. 3) Siswa bekerjasama meningkat sebesar 16% dari 64% siklus I menjadi 80% pada siklus II ,4) Menyajikan hasil di depan kelas meningka sebesart 40% dari 44% siklus I meningkat menjadi 88% pada siklus.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapkan strategi card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN Kedumulyo 02 tahun 2014/2015.Sukolilo Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: card sort,keaktifan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Nov 2015 01:59
Last Modified: 11 Oct 2021 02:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39620

Actions (login required)

View Item View Item