Pengaruh Keterbukaan Diri Anak Kepada Orang Tua Dan Gaya Mendidik Orang Tua Terhadap Kenakalan Anak Di Sekolah Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Karanganyar

Setiawan, Daman (2014) Pengaruh Keterbukaan Diri Anak Kepada Orang Tua Dan Gaya Mendidik Orang Tua Terhadap Kenakalan Anak Di Sekolah Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf

Download (339kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)

Abstract

Peran orang tua sangat penting dalam memantau perkembangan anak di rumah maupun di sekolah sehingga dapat mencegah tindak kenakalan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara keterbukaan diri anak kepada orang tua dan gaya mendidik orang tua dengan kenakalan anak di sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 178 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar sebanyak 64 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Samping, yaitu pengambilan secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada korelasi positif antara keterbukaan diri anak kepada orang tua dengan penurunan tingkat kenakalan anak di sekolah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Semakin tinggi keterbukaan diri anak kepada orang tua, maka semakin rendah tingkat kenakalan anak di sekolah. Sebaliknya semakin rendah keterbukaan diri anak kepada orang tua, maka semakin tinggi tingkat kenakalan anak di sekolah; 2) Ada korelasi positif antara gaya mendidik orang tua dengan penurunan tingkat kenakalan anak di sekolah pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Semakin baik gaya mendidik orang tua, maka semakin rendah tingkat kenakalan anak di sekolah. Sebaliknya semakin kurang baik gaya mendidik orang tua, maka semakin tinggi tingkat kenakalan anak di sekolah; 3) Ada korelasi positif antara keterbukaan diri anak kepada orang tua dan gaya mendidik orang tua dengan penurunan tingkat kenakalan anak pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Semakin tinggi keterbukaan diri anak kepada orang tua dan semakin baik gaya mendidik orang tua, maka semakin rendah tingkat kenakalan anak di sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterbukaan diri anak kepada orang tua, gaya mendidik orang tua, kenakalan anak di sekolah
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 Nov 2015 10:06
Last Modified: 25 Nov 2015 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39614

Actions (login required)

View Item View Item