Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Kelas V SD Negeri Soneyan 03 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

Sulami, Sulami and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2015) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Kelas V SD Negeri Soneyan 03 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (858kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (539kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Dalam pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran untuk membuktikan kebenaran dari teori IPA yang telah dipelajari.Jika hal tersebut tidak tercakup dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Tidak hanya pembelajaran yang menekankan aspek kognitif saja dengan hafalan-hafalan yang menjenuhkan siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi kelas V SD Negeri Soneyan 03 Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati?” Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Soneyan 03 sebanyak 27 siswa. Setting penelitian adalah proses pembelajara IPA kelas V. Metode yang dignakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi dan tes. Dalam menganalisis data hasil penelitian yaitu dengan menggunakan data kuantitatif tehnik prosentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada pra siklus motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil belajarnya hanya 40% yang tuntas. Dari 27 Siswa, yang tuntas hanya 11 anak dan yg belum tiuntas adalah 16 anak. Pada siklus I ada peningkatan yaitu 65% (18 anak ) siswa yang tuntas dan 35% (9 anak ) yang belum tuntas. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan 80% ( 22 anak ) yang tuntas dan 20% (5 anak )yang belum tuntas. Dari pra siklus ke siklus 1 ada peniongkatan 25% dan dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan 15%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, IPA, Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 Nov 2015 05:47
Last Modified: 11 Oct 2021 02:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39574

Actions (login required)

View Item View Item