Ihsan Syaifuddin, Muhammad and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Inquiry Learning Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas XI MAN 2 Boyolali Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI-18.pdf Download (913kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
FULL HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Download (100kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
FULL LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan scientific dengan model inquiry learning pada siswa kelas xi MAN 2 Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti meliputi reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika yang dapat dilihat dari indikator-indikatornya yaitu: 1) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum tindakan 83,3%, setelah tindakan siklus II 100% , 2) kemampuan siswa dalam memikirkan rencana sebelum tindakan 41,7%, setelah tindakan siklus II 83,3% 3) kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana sebelum tindakan 33,3%, setelah tindakan siklus II 83,3% 4) kemampuan siswa dalam melihat kembali hasil jawaban sebelum tindakan 20,8%,setelah tindakan siklus II 70,8%. Jadi berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific dengan model inquiry learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | scientific, inquiry learning, kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with username a410100245 |
Date Deposited: | 20 Nov 2015 06:55 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39543 |
Actions (login required)
View Item |