Peningkatan Minat Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sederhana Dengan Strategi Think Pair Share Siswa Kelas IV SDN Margorejo 02

Feranika, Rully and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Peningkatan Minat Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sederhana Dengan Strategi Think Pair Share Siswa Kelas IV SDN Margorejo 02. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (361kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
BAGIAN AWAL SKRIPSI.pdf

Download (375kB)
[img] PDF (Bab I)
bab1.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningakatkan minat belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SD Negeri Margorejo yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Validitas data menggunakan tehnik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) Perasaan senang terhadap pembelajaran matematika mulai dari sebelum tindakan sebesar 52,38% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. 2) Siswa bersemangat dalam pembelajaran matematika mulai dari sebelum tindakan sebesar 50,00% meningkat menjadi 95,24% pada siklus II. 3) Ketertarikan siswa terhadap pembelajaran matematika mulai dari sebelum tindakan sebesar 54,76% meningkat menjadi 86,90% pada siklus II, 4) Perhatian siswa ketika guru menjelaskan materi yang disampaikan mulai dari sebelun tindakan sebesar 53,57% meningkat menjadi 84,52% pada siklus II. 5) Partisipasi siswa saat pembelajaran berlangsung mulai dari sebelum tindakan 47,62% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Penigkatan minat belajar matematika diperkuat dengan hasil belajar yaitu sebelum tindakan rata-rata nilai kelas sebesar 51,67 dan pada siklus II rata-rata nilainya meningkat menjadi 86,19. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IVB SD Negeri Margorejo Tahun Ajaran 2014/ 2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar matematika, strategi Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2015 08:09
Last Modified: 11 Oct 2021 02:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39531

Actions (login required)

View Item View Item