Meningkatkan Perkembangan Sains Melalui Metode Eksperimen Kelompok B Di Ra Annisa 2 Dulang Wonokerso Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015

Ramadani, Riyan Erma (2015) Meningkatkan Perkembangan Sains Melalui Metode Eksperimen Kelompok B Di Ra Annisa 2 Dulang Wonokerso Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (806kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Daftar PustakaLam)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Sains yaitu suatu ilmu pengetahuan yang bisa dikontrol atau diulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sains anak melalui metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di RA AN-NISA 2 Dulang Kelurahan Wonokerso Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 anak. Data perkembangan sains anak dikumpulkan melalui metode observasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi teknik analisis komparatif, analisis interaktif, dan one-way anova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh prosentase pencapaian anak yang mencapai perkembangan sesuai harapan (BSH) ke atas yaitu pada pra siklus 59,53%, siklus pertama 76,04%, dan siklus kedua 93,40%. Selain itu, berdasarkan uji F dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil Fhitung lebih besar dari pada Ftabel atau 218,978 ≥ 3,13, maka Ho ditolah dan Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil perkembangan sains anak pada siklus pertama dan siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat mengembangkan perkembangan sains anak kelompok B di RA AN-NISA 2 Dulang, Kelurahan Wonokerso, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen tahun ajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, perkembangan sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Nov 2015 06:45
Last Modified: 16 Nov 2015 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39466

Actions (login required)

View Item View Item