Penerapan Strategi Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Tentang Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SDN Tegalarum Margoyoso Pati Tahun 2014/2015

Kuntarno, Kuntarno and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Penerapan Strategi Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Tentang Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SDN Tegalarum Margoyoso Pati Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Pblikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI A54E131003 KUNTARNO JIGSAW.pdf

Download (373kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN A54E131003 KUNTARNO JIGSAW.pdf

Download (387kB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)

Abstract

Minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang bangun datar rendah. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan. Tujuan skripsi ini adalah untuk meningkatkan minat belajar matematika tentang bangun datar melalui strategi jigsaw pada siswa kelas V semester genap SD Negeri Tegalarum Margoyoso Pati Tahun 2014/2015.”. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mendasarkan pada teori-teori dan pengertian yang terkait dengan peningkatan minat belajar matematika tentang bangun datar melalui strategi pembelajaran tipe jigsaw. Penilitian tindakan kelas ini melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas V SD Negeri Tegalarum Margoyoso Pati. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknis analisis data menggunakan analisis interaktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber atau data. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat. Pada kondisi awal sebelum menggunakan strategi pembelajaran tipe jigsaw ketuntasan minat belajar siswa 25%. Setelah menggunakan strategi pembelajaran tipe jigsaw pada siklus I ketuntasan minat belajar siswa meningkat yaitu 62,5%. Karena belum tercapai yang di harapkan peneliti maka dilanjutkan siklus II. Dalam siklus II ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 87,5%. Ketercapaian ketuntasan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan minat belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SDN Tegalarum Margoyoso Tahun 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, pembelajaran matematika, strategi pembelajaran jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2015 07:46
Last Modified: 11 Oct 2021 02:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39464

Actions (login required)

View Item View Item