Peningkatan Motivasi Belajar IPA Pembahasan Gaya Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Srikaton 02 Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

Astuti, Heni (2015) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Pembahasan Gaya Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Srikaton 02 Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Artikel Publikasi.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPA yang disebabkan karena guru belum menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dan terlalu banyak menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar IPA pembahasan gaya melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Srikaton 02 semester II tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Srikaton 02. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 17 siswa, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki serta guru kelas IV. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dan penerapan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif.dengan teknik prosentase. Hasil penelitian motivasi belajar siswa yang didasarkan jumlah siswa yang memiliki kategori tuntas yaitu pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 5 dengan prosentase 29%, siklus I meningkat 11 siswa prosentasenya 65% dan siklus II meningkat 15 siswa prosentasenya 88%. Hasil penelitian motivasi belajar yang didasarkan pada skor rata-rata semua indikator per kelas yaitu pra siklus skor rata-ratanya 17,8 dengan prosentase 45%, siklus I meningkat 25,7 prosentasenya 64%, siklus II meningkat 34,7 prosentasenya 87%. Hasil penelitian penerapan metode demonstrasi yaitu jumlah skor pra siklus 8 kategori kurang baik, siklus I meningkat 18 kategori baik, siklus II meningkat 22 kategori sangat baik. Dari segi ketuntasan yaitu pra siklus 32% kategori tidak tuntas, siklus I meningkat 72% kategori tuntas dan siklus II meningkat 88% kategori tuntas. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Srikaton 02 semester II tahun pelajaran 2014/2015 pada pelajaran IPA pembahasan gaya dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi, sehingga penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan pembelajaran IPA di SD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar IPA, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2015 07:25
Last Modified: 19 Nov 2015 07:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39463

Actions (login required)

View Item View Item