Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Baca Tulis Melalui Metode Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas II SDN Tambaharjo 01 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015

Astuti, Linaning and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Baca Tulis Melalui Metode Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas II SDN Tambaharjo 01 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
9. ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
10. PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia baca tulis siswa kelas II SDN Tambaharjo 01 Kecamatan Pati . Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbahasa Indonesia baca tulis. Hal ini disebabkan karena anak didik kurang memahami materi yang disampaikan melalui metode ceramah. Selain itu, guru kurang terampil dalam menggunakan berbagai strategi atau metode pembelajar an yang bervariasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 36 orang (yang terdiri dari 21 putra dan 15 putri) dan guru kelas II SD Negeri Tambaharjo 01 Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Obyek penelitian ini adalah tentang keterampilan berbahasa Indonesia aspek membaca dan menulis dan penggunaan metode Reciprocal Teaching dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik interaktif data yang digunakan melalui mereduksi data yang diperoleh di lapangan, mendisplaykan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Metode pengumpulan data yang digu nakan pada penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan menerapkan metode Reciprocal Teaching hasilnya cukup memuaskan. Hal ini dapat ditunjukkan dari ra ta-rata prosentase ketuntasan aspek keterampilan baca tulis dan penggunan metode Reciprocal Teaching dalam pembelajaran semakin meningkat. Pembelajaran awal atau Pra Siklus prosentase ketuntasan keterampilan berbahasa Indonesia baca tulis hanya 22%. Pada Siklus I sebesar 42%, siklus I (2) sebesar 61% dan pada siklus II mencapai 83%. Untuk penggunaan metode Reciprocal Teaching dalam pembelajaran pra siklus 47%, Siklus I sebesar 64%, siklus I (2) sebesar 69% dan pada siklus II mencapai 86%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan metode Reciprocal Teaching dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia aspek membaca dan menulis pada siswa kelas II SDN Tambaharjo 01 Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahasa Indonesia, keterampilan baca tulis, metode reciprocal teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:52
Last Modified: 11 Oct 2021 01:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39443

Actions (login required)

View Item View Item