Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pendidikan Agama Islam Di KMI Pondok Pesantren Darusy Syahadah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016

Ramdhani, Deddy and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag (2015) Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pendidikan Agama Islam Di KMI Pondok Pesantren Darusy Syahadah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (497kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03 Halaman Depan.pdf

Download (548kB)
[img] PDF (BAB I)
04.BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (BAB II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BAB III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (BAB IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (BAB V)
08.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BAB VI)
09.BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (LAmpiran)
11.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01.SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dalam Pendidikan Agama Islam pada santrinya. Pondok Pesantren Darusy Syahadah mengalami banyak sekali tantangan yang muncul akibat pemahaman-pemahaman jahiliyah dan ketaklidan, serta pengaruh dari internalisasi budaya Barat. Banyak santri yang terpengaruh oleh ajaran nenek moyang, masyarakat dilingkungan sekitarnya dan ajaran-ajaran jahiliyah, sehingga muncul kepercayaan dan keyakinan santri yang seharusnya tidak dilakukan didalam Pondok seperti: membawa jimat, melakukan kebid’ahan, kepercayaan kepada malam suro, kepercayaan kepada benda-benda mati yang memiliki kekuatan, dan lain-lain. Dari masalah tersebut maka diperlukan pengajaran dan pengasuhan yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai keislaman kepada santri. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan tentang Apa saja kegiatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Darusy Syahadah untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan agama Islam.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dalam Pendidikan Agama Islam di KMI Pondok Pesantren Darusy Syahadah Simo Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan (Field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari lima kegiatan yaitu mengumpulkan data dan menelaah seluruh data dari berbagai sumber (wawancara, observasi, dan dokumentasi), mereduksi data, kemudian difilter yang sesuai dengan teori dan rumusan masalah, data disajikan dalam bentuk narasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pondok pesantren Darusy Syahadah dalam membimbing, membina, dan mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan agama Islam kepada siswanya menerapakan banyak kegiatan-kegiatan seperti : pembelajaran dikelas, dauroh pembekalan untuk kelas Niha’I (akhir), halaqoh diskusi, kajian mingguan, kajian umum, kajian bulanan, serta berdakwa dimasyarakat. Hal ini dikarenakan nilai-nilai keislaman merupakan hal yang paling pokok dan utama, dengan tujuan menciptakan generasi yang berkarakter Islami. Adapun Pondok Pesantren Darusy Syahadah dalam menerapkan beberapa kegiatan mengunakan beberapa metode diantaranya yaitu metode ceramah, metode diskusi dan metode tanya jawab. Kata kunci: Nilai-nilai Keislaman, Dauroh, Metode Diskusi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Keislaman, Dauroh, Metode Diskusi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000130018
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:50
Last Modified: 08 Oct 2021 13:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39413

Actions (login required)

View Item View Item