Penggunaan Metode Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Banyurip 3 Tahun Pelajaran 2012/2013

Listyani, Listyani and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si. and , Drs. DJalal Fuadi, M.M. (2015) Penggunaan Metode Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Banyurip 3 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (765kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan peningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Banyurip 3. Hipotesis tindakannya adalah melalui metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Banyurip 3 tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yaitu peneliti dan siswa kelas V SD Negeri Banyurip 3 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I melalui metode two stay two stray yang diterapkan oleh peneliti saat di SD Negeri Banyurip 3 sebanyak 61,50% siswa telah mencapai KKM. Hal ini berarti terdapat peningkatan sebesar 30,73% dari prasiklus yang sebelumnya hanya 30,77% yang mencapai KKM. Siklus II dari metode two stay two stray yang diterapkan oleh peneliti menghasilkan tingkat pencapaian siswa dalam KKM mengalami peningkatan menghasilkan tingkat pencapaian siswa dalam KKM mengalami peningkatkan dari siklus I yaitu sebesar 30,80% yang semula 61,50% pada siklus I menjadi 92,30%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode two stay two stray, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Nov 2015 01:34
Last Modified: 07 Oct 2021 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39398

Actions (login required)

View Item View Item