Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Ditinjau Dari Sistem Birokrasi Dan Fasilitas Yang Disediakan Di Pt. Taspen (Persero) Kantor Cabang Surakarta

Saputri, Rika Disa Wahyu and , Dr. Suyatmini, M.Si (2015) Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Ditinjau Dari Sistem Birokrasi Dan Fasilitas Yang Disediakan Di Pt. Taspen (Persero) Kantor Cabang Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASAKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh system birokrasi terhadap kepuasan pengguna jasa layanan, 2) pengaruh fasilitas yang disediakan terhadap kepuasan pengguna jasa layanan, 3) pengaruh system birokrasi dan fasilitas yang disediakan terhadap kepuasan pengguna jasa layanan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di PT. TASPEN (Persero) Surakarta. Populasi penelitian ini adalah nasabah PT. TASPEN sejumlah 140 orang dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik insidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, uji R2. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 11,027 + 0,335 (X1) + 0,403 (X2), yang artinya kepuasan pengguna jasa layanan dipengaruhi oleh sistem birokrasi dan fasilitas yang disediakan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) sistem birokrasi berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa layanan. Hal ini terbukti dari analis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,663 > 2,276 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (2) fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa layanan. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,025 > 2,276 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (3) sistem birokrasi dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa layanan. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 36,268 > 3,090 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (4) Variabel sistem birokrasi memberikan sumbangan efektif sebesar 20,116%. Variabel fasilitas memberikan sumbangan efektif sebesar 22,684%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 42,8%, sedangkan 57,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pengguna jasa layanan, sistem birokrasi, fasilitas yang disediakan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:35
Last Modified: 12 Oct 2021 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39393

Actions (login required)

View Item View Item