Hasil Belajar Komputer Akuntansi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dan Pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012

Febriyani, Annisa Rosma and , Drs. Sudarto, HS. MM (2015) Hasil Belajar Komputer Akuntansi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dan Pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahUntuk mengetahui pengaruh 1) kemandirian belajar terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi, 2) pemahahamn Dasar Akuntansi Keuangan terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi, 3) kemandirian belajar dan pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 181 dengan sampel sejumlah 119 dengan teknik proportional random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relative dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi linier berganda Y= 21,131+0,165X1+0,336X2. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda (Uji t) memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,994 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003 dengan sumbangan efektif sebesar 18,66%; 2) Pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis regresi linear berganda memperoleh thitung > ttabel yaitu, 6,080 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 41,538%; 3) ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan berpengaruh terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi tahun 2011. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 87,666% > 3,074 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,602 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemandirian belajar dan pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan berpengaruh terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012 adalah sebesar 60,2% sedangkan 39,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Pemahaman Dasar Akuntansi Keuangan, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Nov 2015 07:12
Last Modified: 12 Oct 2021 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39381

Actions (login required)

View Item View Item