Mingsoo, Miss Fateemah and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. and , M. Noor Kholid, S.Pd., M.Pd (2015) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning (Dl) Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (994kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
PDF (Bab v)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTICLES PUBLICATION.pdf Download (804kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh keaktifan terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi penggunaan bersama model pembelajaran dan keaktifan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahunajaran 2014/2015. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa, yang terdiridari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat ananalisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. (2) Tidak terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa. (3) Terdapat interaksi model pembelajaran dan keaktifan terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), model pembelajaran Discovery Learning (DL), keaktifan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 04:53 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 06:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39369 |
Actions (login required)
View Item |