Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar I Melalui Strategi Snow Balling (PTK Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS Semester V Kelas E Tahun Akademik 2014/2015)

Fadlen, M. Zakiyan and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Struktur Aljabar I Melalui Strategi Snow Balling (PTK Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS Semester V Kelas E Tahun Akademik 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mata kuliah struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling. Pelaksanaan tindakan kelas dibagi menjadi dua siklus. Siklus I dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari dua pertemuan, sedangkan siklus II dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari satu pertemuan. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas E yang berjumlah 34 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun akademik 2014/2015. Sedangkan subyek pelaksana tindakan dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah struktur aljabar I. Metode pengumpulan data saat penelitian menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator 1). Keaktifan mahasiswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat pada siklus I sebanyak 8 mahasiswa (23,52%), pada siklus II menjadi 20 mahasiswa (58,82%), 2). Keaktifan mahasiswa dalam mengerjakan soal di depan kelas pada siklus I sebanyak 7 mahasiswa (20,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%), 3). Keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi kelompok pada siklus I sebanyak 24 mahasiswa (70,59%), pada siklus II menjadi 27 mahasiswa (79,41%). Dari tiap siklus, terdapat peningkatan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar I melalui strategi Snow Balling. Dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Snow Balling dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dalam pembelajaran struktur aljabar I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan mahasiswa, Snow Balling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Nov 2015 03:39
Last Modified: 12 Oct 2021 06:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39363

Actions (login required)

View Item View Item