Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keluasan Pengungkapan Informasi Dalam Laporan Tahunan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

AZARIA, Amanda and , Dr. Fatchan Achyani, M.Si (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keluasan Pengungkapan Informasi Dalam Laporan Tahunan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (672kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (389kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (NPM), likuiditas (CR), ukuran perusahaan (SIZE), solvabilitas (DTA), status perusahaan (SP), kepemilikan saham publik (KSP) terhadap tingkat keluasan pengungkapan informasi dalam laporan tahunan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dari perhitungan sampel, sampel yang didapatkan sebesar 54 data perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan meliputi statistic deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji eteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji R Square, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (NPM), likuiditas (CR), ukuran perusahaan (SIZE), solvabilitas (DTA), status perusahaan (SP), kepemilikan saham publik (KSP) secara simultan berpengaruh terhadap tingkat keluasan pengungkapan informasi dalam laporan tahunan dengan tingkat signifikasi sebesar 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,320 sehingga variabel tingkat keluasan pengungkapan informasi dalam laporan tahunan dipengaruhi sebesar 32% terhadap variabel independennya yaitu variabel profitabilitas (NPM), likuiditas (CR), ukuran perusahaan (SIZE), solvabilitas (DTA), status perusahaan (SP), kepemilikan saham publik (KSP) dan sebesar 68% dipengaruhi faktor lain di luar model penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa hanya variabel ukuran perusahaan (SIZE) yang memiliki pengaruh terhadap tingkat keluasan pengungkapan informasi dalam laporan tahunan sedangkan variabel profitabilitas (NPM), likuiditas (CR), solvabilitas (DTA), status perusahaan (SP), kepemilikan saham publik (KSP) tidak berpengaruh terhadap tingkat keluasan pengungkapan informasi dalam laporan tahunan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepemilikan saham publik, likuiditas, luas pengungkapan, profitabilitas, solvabilitas, status perusahaan, ukuran perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Nov 2015 03:27
Last Modified: 19 Oct 2021 00:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39362

Actions (login required)

View Item View Item