Aspek Etos Kerja Pada Tokoh Utama Novel Di Bawah Langit Jakarta Karya Guntur Alam: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma

Lestari, Umi and , Prof. Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Joko Santoso, M.Ag. (2015) Aspek Etos Kerja Pada Tokoh Utama Novel Di Bawah Langit Jakarta Karya Guntur Alam: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (861kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosio-historis Guntur Alam, (2) struktur pembangun novel Di Bawah Langit Jakarta, (3) aspek etos kerja pada tokoh utama novel Di Bawah Langit Jakarta dikaji dengan psikologi sastra, (4) implementasi aspek etos kerja sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah kalimat dan paragraf. Sumber data penelitian ini adalah novel Di Bawah Langit Jakarta karya Guntur Alam yang diterbitkan Noura Books di Jakarta tahun 2014 dengan tebal 309 halaman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini (1) Guntur Alam lahir di Tanah Abang, Muara Enim, Sumatera Selatan pada tanggal 20 November 1986. Karya-karya yang dihasilkan antara lain: Di Bawah Langit Jakarta, Jomblo Cenat- Cenut. Com, Tuyul TKI (Tengil, Kecil, Item), Jurai – Kisah Anak-Anak Emak Disetapak Impian. Guntur Alam senang mengangkat tema-tema lokal tempat kelahirannya. (2) Analisis struktural, tema dalam novel Di Bawah Langit Jakarta perjuangan seorang anak yang miskin untuk meraih cita-cita. Tokoh dalam novel ini Ugi, Ibu Ugi, Bapak Ugi, Mas Umar, Pe’i, Bi Karminah. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar pada novel dibagi menjadi tiga bagian yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. (3) Aspek etos kerja pada tokoh utama dalam novel Di Bawah Langit Jakarta terdiri dari aspek keahlian interpersonal, aspek inisiatif, dan aspek dapat diandalkan. Aspek yang paling dominan adalah aspek keahlian interpersonal dan inisiatif. (4) Penelitian dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA kelas XI semester I dengan standar kompetensi 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Aspek etos kerja tokoh utama dapat diteladani oleh peserta didik bahwa keterbatasan bisa dikalahkan dengan semangat pantang menyerah dan kegigihan memperjuangan mimpi semua menjadi nyata dengan kerja keras.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Etos Kerja Tokoh Utama, Novel Di Bawah Langit Jakarta, Psikologi Sastra, Pembelajaran Sastra.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 10 Nov 2015 06:11
Last Modified: 08 Oct 2021 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39346

Actions (login required)

View Item View Item