Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Teks Dialog Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar Negeri Jrahi 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015

Santoso, Teguh (2015) Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Teks Dialog Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar Negeri Jrahi 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (666kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (551kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)

Abstract

Semua orang dapat berkomunikasi, namun tidak semua dapat melakukannya dengan baik. Untuk itu perlu dilakukan pembelajaran tentang cara berkomunikasi yang baik pada anak sejak usia dini supaya mereka dapat mengerti dan memahami cara berkomunikasi yang baik dan benar. Kenyataan seperti itu dialami oleh siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Jrahi 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015 yang belum dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan teks dialog pada anak kelas II Sekolah Dasar Negeri Jrahi 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian, Penelitian dilaksanakan di Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jrahi 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Waktu penelitian bulan Februari sampai Maret 2015. Jenis penelitiannya penelitian tindakan kelas. Hasil-hasil penting penelitian, pada kondisi awal, dari 26 siswa, terdapat 8 siswa mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dengan baik dan 18 siswa belum mampu berkomunikasi dengan bahasa yang baik. Pada Siklus I, sebanyak 18 siswa mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan 8 siswa belum mampu. Pada siklus II, dari 26 siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Jrahi 01, sebanyak 25 siswa mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan hanya 1 siswa yang belum mampu. Simpulan, kondisi awal prosentase keberhasilan siswa mampu berkomunikasi dengan baik adalah 23%. Pada siklus I prosentase keberhasilannya 57.70%. Pada siklus II tingkat keberhasilan mencapai 96.2%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teks dialog dapat dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Jrahi 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cara berkomunikasi, teks dialog
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Nov 2015 03:32
Last Modified: 10 Nov 2015 03:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39337

Actions (login required)

View Item View Item