Analisis Rasionalitas Investor Dalam Pemilihan Saham Dan Penentuan Portofolio Optimal Menggunakan Indeks Tunggal Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks Lq- 45 Di Bei Periode Tahun 2010-2012

Permatasari, Nia Intan and , Drs. Eko Sugiyanto, M.Si, (2015) Analisis Rasionalitas Investor Dalam Pemilihan Saham Dan Penentuan Portofolio Optimal Menggunakan Indeks Tunggal Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks Lq- 45 Di Bei Periode Tahun 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (324kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (781kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penentuan portofolio optimal menggunakan model indeks tunggal dan mengidentifikasi ada tidaknya rasionalitas investor dalam pemilihan saham dan penentuan portofolio optimal di Bursa Efek Indonesia, sehingga dapat mengetahui bagimanakah komposisi portofolio optimal yang dibentuk dengan model indeks tunggal untuk saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan apakah terdapat rasionalitas investor dalam pemilihan saham dan penentuan portofolio optimal di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan studi empiris. Populasi yang diambil dalam penelitian ini seluruh saham perusahaan yang terdaftar dan aktif diperdagangan di BEI yang tergabung dalam indeks LQ-45 selama 36 periode pengamatan dimulai dari bulan Januari 2010 sampai dengan bulan Desember 2012. Adapun teknik pengambilan sampel dengan metode non probability sampling yang digunakan adalah berupa judgement sampling.. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya perhitungan portofolio indeks tunggal, rasionalitas investor ditentukan dengan cara membandingkan rata-rata frekuensi perdagangan saham antara saham-saham yang diikutkan dalam portofolio optimal dengan saham-saham yang tidak diikutkan dalam portofolio optimal, dan pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test. Dari hasil perhitngan diperoleh hasil bahwa: (1) Portofolio optimal yang dibentuk berdasarkan model indeks tunggaldari 29 sampel penelitian hanya 17 perusahaan yang masuk dalam pembentukan portofolio optimal; (2) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test, untuk asumsi varians sama terlihat bahwa thitung untuk frekuensi perdagangan dengan Equal variance assumed (diasumsi kedua varians sama) adalah 0,930 dengan nilai probabilitas 0,361. Oleh karena nilai probabilitas > 0,05 maka Ho diterima, atau kedua rata-rata (mean) frekuensi perdagangan saham kandidat portofolio optimal dan saham bukan kandidat portofolio optimal tidak ada perbedaan Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat rasionalitas investor dalam pemilihan saham dan pembentukan portofolio optimal berdasarkan model lndeks tunggal di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2012. Kata kunci: Rasionaltas Investor, Portofolio optimal, Saham, Indeks Tunggal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasionaltas Investor, Portofolio optimal, Saham, Indeks Tunggal.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username b200110250
Date Deposited: 06 Nov 2015 06:29
Last Modified: 12 Oct 2016 11:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39268

Actions (login required)

View Item View Item